Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TUGAS SISTEM BASIS DATA

TUGAS SISTEM BASIS DATA


  1. Jelaskan mengapa data redundansi biasa terjadi di dalam proses pengolahan filetradisional !

  2.  Jelaskan mengapa data begitu penting dalam suatu organisai atau perusahaan ?

  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan program-data-dependence ? Apa akibatyangditimbulkan ?

  4. Jelaskan karakteristik utama data di dalam suatu basis data.

  5. Tulis dan jelaskan lima keuntungan yang dapat diperoleh dengan pendekatan basisdata, dibandingkan dengan pengolahan file tradisiona l !

  6. Pilih satu instansi/perusahaan yang sudah atau menurut Saudara perlumengimplementasikan basis data. Jelaskan faktor-faktor apa yang mendorongdiimplementasikannya basis data tersebut

     jawaban

    1. Data redudansi biasa terjadi di dalam file tradisional karena redudansi merupakansuatu aplikasi terdiri atas sekumpulan program aplikasi, file data, dan prosedur yangmengerjakan suatu proses atau fungsi setiap program aplikasi di dalam suatulingkungan pemrosesan file tradisional, khusus beroperasi pada file data yang dibuatspecifik untuk aplikasi. Antar file data (di dalam satu aplikasi atau antar aplikasi)tidak ada hubungan, dan pada umumnya data didefinisikan dan disusun dengan carayang berbeda untuk setiap aplikasi.

    2. Data begitu penting dalam suatu organisasi atau perusahaan karena data yang telahterorganisasi, diproses dan dianalisa akan mempunyai nilai tambah yang disebutinformasi. Informasi inilah yang sangat berharga karena mempunyai nilai danmanfaat. Apabila data atau informasi itu digabung dengan factor yang lain, laludiolah, dianalisa dan dimanipulasi maka manfaatnya akan berkali lipat. Dari hasil pembelajaran data dan informasi akan menjadi pengetahuan yang sangat bergunadalam pengambilan keputusan.

    3.  Data dependence adalah ketergantungan terhadap struktur data karena memangdemikian adanya. Yang tergantung kepada (perubahan) struktur data ini adalahaplikasi atau program. Sehingga secara tidak langsung terdapat kaitan antara data-structure depence dengan data-(structure) dependent application. Apabila terjadi perubahan atau kesalahan pada program aplikasi maka pemakai tidak dapatmengakses data.Dengan kelemahan tersebut, pemrosesan file tradisional kurangmempunyai keluwesan dan tidak mendukung pemakaian data bersama (data sharing).Hal ini menyebabkan tidak dapat dilakukannya pertukaran data antar aplikasi, dansering terjadi terpaksa harus dilakukan pengetikan ulang data dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Sehingga untuk mengatasinya, dikenalkan konsep baru yangdisebut basis data.

    4.  Karakteristik utama didalam pemakaian sistem basis :

    • Para pemakai dapat mendefinisikan database, dengan menggunakan suatuBahasa.Definisi Data ( DDL). DDL mengijinkan para pemakai untuk menetapkanstruktur dan jenis data dan batasan pada dfinisi data yang disimpan database. 

    •  Para pemakai dapat memasukkan/ menyisipkan, membaharui, menghapus, danmendapat kembali data dari database, dengan menggunakan suatu BahasaManipulasi Data ( DML). DML menyediakan fasilitas pemeriksaan umum padadata ini , memanggil data dengan bahasa query.

    •  Menyediakan akses yang dikendalikan database.Sebagai contoh, mungkinmenyediakan sistem keamanan, mencegah pemakai tidak syah mengaksesdatabase suatu sistem terintegrisi, yang memelihara konsistensi dari data disimpan.

    5. Lima keuntungan didalam penggunaan sistem basis data :

    • Data dapat dipakai secara bersama (shared)Data dapat dipakai secara bersama-sama oleh beberapa program aplikasi (secara batch maupun on-line) pada saat bersamaan.Dalam basis data hanya mencantumkan satu kali saja field yang sama yang dapatdipakai oleh semua aplikasi yang memerlukannya.

    •  Dapat diterapkan standarisasiDengan adanya pengontrolan yang terpusat maka DBA dapat menerapkanstandarisasi data yang disimpan sehingga memudahkan pemakaian, pengirimanmaupun pertukaran data.Apabila ada perubahan data pada aplikasi yang berbeda maka secara otomatis perubahan itu berlaku untuk keseluruhan

    •  Terkontrolnya kerangkapan data

    •  Terpeliharanya keselarasan (kekonsistenan) data

    •  Keamanan data terjaminDBA dapat memberikan batasan-batasan pengaksesan data, misalnya denganmemberikan password dan pemberian hak akses bagi pemakai (misal : modify,delete, insert, retrieve)

    6. Salah satu instansi pemerintah yang menerapkan basis data adalah DepartemenKeuangan.meliputi kegiatan (i) pembenahan SOP pertukaran data, penerapan stadarisasi pengkodean database kepegawaian untuk memudahkan pertukaran data antar-unit, (ii) penerapan pelaporan data dari unit kerja eselon I ke Sekretariat Jenderal, dan (iii) pengembangan aplikasi baru SIMPEGTM, dan (iv) pengembangan sistem aplikasiassessment center. Pengintegrasian SIMPEG bertujuan meningkatkan pelayanan pemberian informasi SDM yang akurat dan cepat, serta menunjang bisnis proses pembinaan SDM.




Post a Comment for "TUGAS SISTEM BASIS DATA"