TUGAS SPK
TUGAS SPK
1. Apa yang dimaksud dengan pengambilan keputusan
?
2. Sebutkan 3 faktor dalam pengambilan keputusan.
Jelaskan faktor-faktor tersebut?
3. Jelaskan urutan pengambilan keputusan ?
4. Jelaskan mengapa SPK disebut sebagai semi
struktural?
Jawaban
1. Pengambilan keputusan adalah melakukan
penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui
beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Sebelum pilihan dijatuhkan,
ada beberapa tahap yang mungkin akan dilalui oleh pembuat keputusan. Tahapan
tersebut bisa saja meliputi identifikasi masalah utama, menyusn alternatif yang
akan dipilih dan sampai pada pengambilan keputusan yang terbaik.
Definisi Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli :
- Menurut George R. Terry pengambilan keputusan adalah pemilihan alternatif perilaku (kelakuan) tertentu dari dua atau lebih alternatif yang ada.
- Menurut Sondang P. Siagian pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis terhadap hakikat alternatif yang dihadapi dan mengambil tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling cepat.
- Menurut James A. F. Stoner pengambilan keputusan adalah proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara pemecahan masalah.
2.
3
faktor dalam pengambilan keputusan ?
1.
Kognisi,
artinya kualitas dan kuantitas pengetahuan yang di miliki. Misalnya ; Kemampuan
menalar, memiliki kemampuan berfikir secara logis, dll.
2.
Motif,
suatu keadaan tekanan dalam diri individu yang mempengaruhi, memelihara dan
mengarahkan prilaku menuju suatu sasaran.
3.
Sikap,
Bagaimana keberanian kita dalam mengambil risiko kepututusan, pemilihan suasana
emosi dan waktu yang tepat, mempertimbangkan konsekuensi yang mungkin terjadi.
4. . Proses pengambilan keputusan memiliki
berapa tahap :Tahap 1 : Pemahaman dan Perumusan Masalah. Para manager
sering menghadapi kenyataan bahwa masalah yang sebenarnya sulit dikemukaan atau
bahkan sering hanya mengidentifikasikan masalah, bukan penyebab dasar. Para
manager dapat mengidentifi8kasi masaklah dengan beberapa cara. Pertama, manager
secra sistematis menguji hubungan sebab-akibat. Kedua manager mencari
penyimpangan atau perubahan dari yang noirmal.
Tahap 2 : Pengumpulan dan Analisis Data yang Relevan. Setelah
manajer menemukan dan merumuskan masalah, manajer harus memutuskan
langkah-langkah selanjutnya. Manajer pertama kali harus menentukan data-data
apa yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat dan kemudiaan
mendapatkan informasi tersebut.
Tahap 3 : Pegembangan Alternatif-Alternatif. Kecenderungan
untuk menerima alternatif keputusan pertama yang feasibel sering menghindarkan
manager dari pencapaian penyelesaian yang terbaik untuk masalah
manajer.Pengembangan sejumlah alternatif memungkinkan manajer menolak
kecnderungan untuk membuat keputusan terlalu cepat dan membuat keputusan yang
efektif. Manager harus memilih suatu alternatif yang cukup baik, walaupun bukan
esuatu yang sempurna atau ideal.
Tahap 4 : Evaluasi Alternatif-Alternatif. Setelah manajer
mengembangkan sekumpulan alternatif, mansger harus mengevaluasi sekumpulan
alternati, manager harus mengevaluasi untuk menilai efektifitas etiap
alternatif.
Tahap 5 : Pemilihan Alternatif Terbaik. Pembuatan keputusan
merupakan hasil evaluasi berbagai alternatif. Alternatif terpilih akan didasarkan
pada jumlah informasi bagi manager dan ketidaksempurnaan kebijakan manajer.
Tahap 6: Implementasi Keputusan . Setelah alternatif terbaik
dipilih, para manager harus membuat rencana untuk mengatasi berbagai
permasalahan dam masalah yang mungkin dijumpai dalam penerapan keputusan. Dalam
hal ini, manager perlu memperhatikan berbagai resiko dan ketidakpastian sebagai
konsekuensi dibuatnya suatu keputusan. Disamping itu, pada tahapimplementasi
keputusan manager juga perlu menetapkan prosedur laporan kemajuaan periodik dan
memnpersiapkan tindakan korektif bila masalah baru muncul dalam pembuatan
kjeputusan, serta merancang peringatan dini untuk menghadapi berbagai
kemungkinan.
Tahap 7: Evaluasi Hasil-Hasil. Keputusan. Implementasi
keputusan harus selalu dimonitor. Manajer harus meangevaluasi apakah
implementasi dilakukan dengan lancar dan keputusan memberikan hasil yang
diinginkan.
TAHAP-TAHAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN
MENURUT SIMON :
- Kegiatan Intelijen, mengamati lingkungan mencari kondisi-kondisi yang perlu diperbaiki.
- Kegiatan Merancang, menemukan, mengembangkan dan menganalisis berbagai alternatif tindakan yang mungkin.
- Kegiatan Memilih, memilih satu rangkaian tindakan tertentu dari beberapa yang tersedia
- Kegiatan Menelaah, menilai pilihan-pilihan yang lalu.
Karena
suatu keputusan dapat ditangani oleh
komputer maupun yang tetap harus dilakukan oleh pengambil keputusan.
.
Post a Comment for "TUGAS SPK"